Ornamen Masjid di Indonesia

Ornamen Masjid: Ragam Ornamen Masjid di Indonesia

Ornamen Masjid adalah sebuah elemen hiasan/dekorasi yang terdapat pada bangunan arsitektural masjid, baik di dalam (interior masjid) maupun di luar bangunan (exterior/arsitektural masjid). Di Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim, Masjid menjadi sebuah bangunan arsitektural yang sangat familier dan banyak dijumpai di daerah seluruh Indonesia. Saat ini umat Islam/muslim di Indonesia berlomba-lomba untuk mendirikan mesjid di daerahnya, terkadang dalam jarak tidak kurang dari 500 m terdapat 2 bahkan lebih bangunan masjid yang berdiri.

 

Setiap daerah dimana masjid didirikan, menginginkan bangunan masjid yang didirikan akan menjadi bangunan ikon/maskot dari daerah tersebut. Maka dari itu Panitia pembangunan dan masyarakat sekitar berlomba-lomba untuk mewujudkan desain masjid semegah dan seindah mungkin. Bahkan kalau bisa masjid yang didirikan menjadi bangunan masjid yang terindah dari beberapa masjid yang ada di sekitarnya.

Ornamen masjid menjadi salah satu elemen penting yang hampir tidak bisa ditinggalkan dalam setiap pembangunan sebuah masjid. Tentu saja hal ini sangat mendukung terwujudnya sebuah desain masjid yang indah. Hampir di semua bangunan masjid terdapat beberapa elemen ornamen dekoratif yang mengisi dinding luar maupun sisi luar bangunan.

Pada dasarnya Ajaran Islam melarang penggambaran figuratif manusia dan hewan pada hiasan atau ornamen masjid, hal ini dikhawatirkan akan mengarah pada pengkultusan berhala pada obyek figuratif manusia dan hewan yang terdapat pada ornamen hiasan masjid. Ornamen yang diperbolehkan dalam mendekorasi/menghias sebuah masjid adalah stilasi/hiasan kaligrafi, ornamen geometris Islami, ornamen arabesk dan beberapa ornamen khas jawa timuran yang berbentuk stilasi penggambaran dari bunga/flora atau tumbuh-tumbuhan.

Ornamen Kaligrafi Al Qur'an:

Kaligrafi AL Qur'an adalah sebuah seni tulisan tangan indah yang berkembang di negara-negara dengan warisan kebudayaan Islam dan berisikan ayat-ayat Al-Quran yang kemudian dijadikan sebagai salah satu sarana untuk melestarikan Al-Quran dan sangat sering di aplikasikan sebagai ornamen masjid.

ornamen kaligrafi alqur'an pada masjid

Kaligrafi dalam budaya Islam memiliki beberapa gaya/style (khat) yang miliki bentuk khas,  beberapa diantaranya antara lain Khat Naskh, Khufii, Tsuluts, Diwani, Farisi, dan Riq’ah. Selain dipakai menghias dinding dan langit-langit masjid, kaligrafi juga digunakan sebagai penghias halaman-halaman buku.

 

Ornamen Geometris Islami:

Ornamen geometris Islami populer dalam dunia seni ornamen Islam dan sering dipakai untuk mendekorasi berbagai media, seperti dinding, lantai, langit-langit, vas bunga dan beberapa elemen yang ada di dalam sebuah masjid. Ornamen masjid geometris saat ini sudah mulai menjamur di berbagai daerah di Indonesia.

ornamen masjid ornamen geometris islami ornamen masjid geometris

Pola-pola geometris yang digunakan umumnya di adopsi dari seni ornamen zellij Maroko yang berbentuk lingkaran, segitiga, persegi, dan segi enam. kolaborasi bentuk dan pola geometris ini mampu menghasilkan visual yang indah dan khas.

 

Ornamen Arabesk:
Ornamen masjid Arabesk (arabesque) adalah gambar atau ukiran yang bermotifkan sulur, daun, cabang, atau pohon. Bentuk ornamen tumbuhan yang geometris dan terukur ini terlihat menarik dengan nuansa modern kontemporer.

ornamen masjid motif arabesque

Seniman muslim mengembangkan seni arabesk dari budaya era Bizantium. Dalam penerapannya, bentuk arabesk bisa dikombinasikan dengan kaligrafi dan ornamen geometris.

Ornamen Lokal/Tradisional Indonesia

Ornamen lokal/tradisional Indonesia juga sering kita jumpai pada masjid-masjid yang memiliki desain dengan suasana tradisional lokal Indonesia. Namun tetap saja bentuk yang dipilih pada ornamen lokal tersebut tidak lepas dari kaidah ornamen yang boleh dimasukkan/diaplikasikan pada bangunan arsitektural masjid, yakni motif sulur/alami, flora/tumbuhan dan geometris.

ornamen-masjid-agung-jogja

ornamen-masjid-agung-jogja

Ornamen-Masjid-lokal-Indonesia Ornamen-Masjid-tradisional

Ornamen-Masjid-etnik-tradisional-Indonesia Ornamen-Masjid-khas-daerahdi--Indonesia

Apabila anda sedang menjadi panitia pembangunan Masjid, kami bersedia membantu mengaplikasikan ornamen yang akan di aplikasikan ke dalam masjid tersebut. Silahkan hubungi CONTACT kami.

Bagikan Artikel :
  • 5
  •  
  • 3
  •  
  • 1
  •  
  •  
    9
    Shares

Galeri Foto di Pinterest

Galeri Foto Kami di Pinterest

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar Anda