panel GRC: FAQs

1.
Apakah GRC itu?

GRC singkatan dari " Glassfiber Reinforced Cement/concrte ". Ini adalah gabungan berdasarkan semen  dengan alkaloid serat kaca tahan secara acak tersebar di seluruh matriks pasir / semen.

Serat melayani tujuan yang sama dengan baja di beton bertulang, yang ditempatkan terutama di daerah tegangan tarik. Karena serat kaca menambahkan lentur, tarik dan kekuatan beban, panel Arsitektur terbuat dari GRC kuat, tahan lama, dan ringan.

2.
Dimana GRC Panel digunakan?

Panel GRC banyak digunakan sebagai bahan fasad eksterior dalam pembangunan atau renovasi banyak jenis bangunan komersial dan non komersial.

GRC tersedia sebagai unit dinding, unit jendela dinding, spandrel, mullions, dan kolom selimut, serta untuk panel fasia, sofit, parapet, tabir surya, atap mansard, dan panel fitur interior.
Setiap panel dirancang khusus untuk aplikasi tertentu, dan dimensi terbesar mereka dapat berupa vertikal atau horizontal. Panel 10 meter persegi dan mungkin lebih besar lagi, mengurangi harga produksi, pengiriman, dan biaya instalasi.

3.
Bagaimana panel GRC diproduksi?

Panel diproduksi dengan tangan penyemprotan semen / agregat pasir dan serat kaca cincang ke dalam bentuk ukuran dan bentuk yang diinginkan.

permukaan yang terdiri dari hanya serbuk semen / pasir bersama dengan bahan tambah lain yang ingin disemprot ke dalam cetakan untuk memberikan tampak akhir yang diinginkan / ditampilkan, juga berfungsi untuk melindungi serat kaca di permukaan. Beberapa lapisan dukungan dari adonan beton dan kaca serat kemudian campuran permukaannya dibiarkan beberapa saat sampai mengendap dengan ketebalan sekitar tidak kurang dari 0,5 cm/lembar. Setiap lapisan dipadatkan dengan kuas atau rol tangan untuk menyatukan lembar.

Sebuah baja ringan disatukan menggunakan las menjadi penguat dan track frame kemudian dipasang di atas panel yang selesai di cetak, dan terhubung ke bagian belakang kulit semen melalui angkur / jangkar fleksibel berbentuk L.

4.
Mengapa kita menggunakan kerangka baja stud?

Frame baja ringan penguat berfungsi menambah kekerasan pada kulit beton dinding yang tipis, yang memungkinkan panel besar untuk dibuat, dibentuk, dan dikirim ke tempat kerja tanpa kerusakan.

Jangkar fleksibel tidak menembus kulit GRC pada setiap titik, angkur memungkinkan kulit untuk bergerak secara independen dari kerangka baja, sehingga mengurangi tekanan dalam materi yang mungkin timbul sebagai akibat dari ekspansi diferensial dan kontraksi antara kulit beton dan baja bingkai.

Di lokasi pemasangan, frame berfungsi sebagai titik koneksi untuk pengelasan atau joint panel pada struktur bangunan. Hal ini juga biasa diterapkan untuk permukaan dinding interior, seperti drywall, serta ruang untuk insulasi, listrik, saluran mekanik, dan komunikasi.

5.
Bagaimana GRC dibandingkan dengan Precast beton?

GRC adalah baik bahan semen lebih elastis dan lebih padat dari beton pabrikan. Rasio semen pasir untuk GRC adalah 1: 1, dibandingkan dengan 1: 6 untuk beton pabrikan. Penambahan kaca-serat untuk memperkuat hasil kulit lentur yang signifikan, dan kekuatan menyangga beban lebih tinggi dari beton pracetak, serta permeabilitas yang lebih rendah untuk air dan udara.

GRC adalah dinding tirai (non beban) / cladding eksterior, di mana panel berfungsi untuk menyediakan dukungan struktural untuk bangunan. panel pracetak adalah pilihan yang lebih baik.

6.
Mengapa panel GRC terpasang kadang-kadang terlihat tidak seragam (yaitu, bergaris-garis dan berbintik-bintik)?

Pada saat diinstal, panel GRC telah terkena mengangkut (tangan dan boot cetakan), kotoran dan lumpur dari transportasi dan penyimpanan di tempat kerja, asap las selama instalasi, dan cuaca buruk.

Selain itu, efflorescense alami dari hidrasi matriks semen meninggalkan coretan dan deposit pada permukaan panel. Penyerapan air oleh panel adalah non-seragam atas wilayahnya.

Ketika bangunan akhirnya disegel dan panel GRC dibersihkan dan dikeringkan, panel menjadi semakin seragam.

7.
Bagaimana berat panel GRC dibandingkan dengan beton panel Precast?

Campuran semen & pasir pada GRC panel yang di sangga frame pipa baja pendukung normalnya mempunyai berat antara 5-8 kilogram/meter persegi dengan tebal kulit 1,5 cm. Jika bertambah ketebalan dan luasnya maka akan bertambah pula beratnya. Berat di atas tidak/belum termasuk berat beban dari material pipa baja sebagai frame pendukung.

Sedangkan berat untuk panel precast dengan ketebalan yang sama, 1,5 cm berkisar antara 30-35 kilogram. Tentu saja hal ini dikarenakan material penyusun nya yang terdiri dari agregat kasar (batu)dan juga besi beton yang tertanam di dalamnya.

8.
Apa keuntungan dari panel GRC yang ringan?

Ada banyak keuntungan…….Pada struktur baja bertingkat, pengurangan dramatis dalam jumlah baja yang dibutuhkan dalam struktur bangunan dapat direalisasikan. Misalnya, pada 100.000 SF menara, panel GRC akan mengurangi berat bangunan lebih dari 3.000 Ton, mengurangi ukuran, berat dan biaya pondasi bangunan, pondasi, balok dan kolom.

Panel GRC ideal untuk renovasi bangunan yang ada karena mereka menambahkan beban minimal untuk struktur dan pondasi yang sudah ada. Dalam banyak kasus, panel GRC dapat dipasang langsung di atas cladding yang lama dengan dampak minimal pada struktur bangunan.

Panel GRC banyak digunakan di daerah seismik di mana ringan panel dan koneksi fleksibel untuk bangunan memungkinkan kulit untuk bergerak selama acara seismik daripada kolaps dan gagal.

Panel GRC dapat diinstal dengan ringan menggunakan crane, lebih murah, membuat instalasi lebih murah dan lebih cepat.

9.
Berapa harga GRC & biaya pemasangannya?

Panel GRC sering dihitung dengan satuan biaya /m2 (Rp……/m²), atau "FOB Job Site" (Bahan saja), atau biaya "Installed" (Bahan dan Instalasi)

Biaya Bahan panel GRC akan tergantung pada sejumlah faktor, termasuk ukuran proyek, dan kompleksitas panel, dan pengulangan bentuk profil kulit yang berbeda (yaitu, penggunaan kembali bentuk yang berulang-ulang).

Biaya Pemasangan panel GRC akan bervariasi berdasarkan pada ukuran panel GRC, aksesibilitas untuk membangun titik koneksi, kemudahan jangkauan lokasi situs dan ketersediaan dan jenis crane yang diperlukan.

panel GRC Artikon FAQs

*beberapa hal lainnya akan kami tulis bertahap pada halaman FAQs ini.