Ornamen GRC Sebagai Scondary Skin

Ornamen GRC Sebagai Scondary Skin Lebih Unggul Dibanding Ornamen Berbahan Lain

Ornamen GRC sebagai secondary skin adalah sebuah produk GRC yang didesain dan dicetak dengan gambar/motif ornamen (hiasan) pada permukaan produk GRC dengan tujuan untuk menghias obyek, baik secara keseluruhan ataupun pada bidang tertentu. Berikut beberapa keterangan dan pengertian dari judul artikel diatas:

motif ornamen GRC

beberapa motif ornamen tradisional

  • Kata ornamen berasal dari bahasa Latin ornare, kata tersebut memiliki arti menghiasi. Menurut Gustami (1980) ornamen adalah salah satu komponen seni yang sengaja dibuat untuk tujuan memberikan hiasan agar lebih indah. Jadi, berdasarkan pengertian itu, ornamen merupakan penerapan dan penggayaan atau menghias suatu bidang obyek induk, baik ornamen tradisional, minimalis dan atau ornamen modern.
  • GRC adalah sebuah material dengan komposisi bahan yang terbuat dari campuran semen dan pasir (agregat halus) yang diperkuat dengan glassfibre alkali resistant. Fibre Glass memiliki fungsi untuk menambah kekuatan lentur, tarik, dan tekan sehingga menghasilkan material yang kokoh dan ringan. Sehingga produk GRC bisa dicetak lebih tipis dan fleksibel mengikuti modul cetakan.
  • Secondary skin adalah lapisan kedua pada sebuah bangunan dengan fungsi utamanya sebagai penahan sinar matahari langsung. Secondary skin banyak diterapkan pada bangunan yang berada di daerah tropis.

Beberapa ornamen GRC yang sering digunakan sebagai secondary skin antara lain, Panel GRC cladding dan ornamen GRC krawangan. GRC panel polos/minimalis sering diaplikasikan pada pada bangunan dinding-dinding hotel, apartemen, menara masjid, dan beberapa bangunan tinggi yang lain. Sedangkan ornamen GRC krawangan banyak kita lihat pada beberapa ornamen dan ventilasi bangunan masjid, perumahan, hotel dan beberapa bangunan lain baik bangunan pribadi, public ataupun bangunan monumental di sekitar kita. Produk ornamen GRC sebagai secondary skin sangat aman dan nyaman apabila diaplikasikan pada sebuah bangunan hunian, hal ini karena secondary skin biasanya didesain sedemikian rupa dengan fungsi untuk meneruskan sirkulasi pencahayaan dan penghawaan dari luar kedalam bangunan.

 

Ornamen GRC sebagai salah satu produk GRC memiliki sebuah keunggulan apabila dipakai menjadi secondary skin pada bangunan. Selain tentu saja ornamen GRC ini akan memperindah fasade bangunan sesuai desain arsitektur yang ada, produk GRC ornamen jelas mimiliki keunggulan lain. Beberapa diantaranya adalah pada kekuatan material dan bahan GRC. Sebagaimana kita ketahui bersama, material GRC memiliki kekuatan dan ketangguhan menghadapi benturan cuaca (panas dan hujan, bahkan pada iklim bersalju), juga produk GRC memiliki karakter yang ringan dan bias dicetak dengan spesifikasi dimensi yang sangat tipis dan fleksibel mengikuti moulding atau cetakan sesuai desain yang di inginkan. Terlebih lagi dengan menggunakan produk GRC ornamen, anda akan lebih menghemat pembiayaan pekerjaan dilapangan, mulai dari pembuatan bentuk ornamen (pabrikasi), mobilisali (pengiriman) dan pemasangan (instalasi).

Meskipun memiliki kelebihan pada harga produk yang cukup terjangkau (bila disbanding pembuatan ornamen tersebut dikerjakan di lokasi, apalagi dibuat langsung pada bidang yang ada), namun ornament GRC tetap memiliki detail dan finishing yang bagus dan halus. Hal ini berlaku jika apabila pekerjaan produk ornamen GRC dibandingkan dengan produk ornamen yang terbuat dari material kayu, batu, besi, marmer dan lain lain.

Apabila anda membutuhkan produk ornamen GRC yang akan difungsikan sebagai secondary skin atau sekedar untuk menghias bangunan anda, silahkan menghubungi kontak GRC Artikon yang tersedia di website ini. Kami akan senantiasa membantu memberi solusi untuk kebutuhan GRC serta mewujudkan keinginan dan desain yang anda miliki.

Bagikan Artikel :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Galeri Foto di Pinterest

Galeri Foto Kami di Pinterest

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar Anda