KETAHUI JENIS-JENIS GRC SEBAGAI SOLUSI ARSITEKTUR MODERN !

macam dan jenis-jenis GRC sebagai alternatif solusi pada bangunan arsitektural modern anda

Seiring perkembangan zaman, manusia saling berkompetisi dan berinovasi dalam perkembangan berbagai aspek kehidupan. Perkembangan tersebut terlihat jelas pada teknologi masa kini yang kian canggih.

Di dunia propertipun terus bermunculan inovasi produk sebagai material utama ataupun penunjang yang lebih efektif dan efisien dalam pemakaiannya.Salah satu inovasi produk tersebut yaitu GRC yang dijadikan sebagai material penunjang di dalam dunia arsitektur.

GRC dipilih kebanyakan orang untuk menjadi material penunjang di dalam perencanaan bangunan mereka dikarenakan GRC memiliki banyak keunggulan seperti : harga yang lebih terjangkau, bobot yang lebih ringan dari beton biasa, fleksibel dan mudah diaplikasikan, berfungsi sebagai insulasi panas dan suara, serta bentuk yang bervariatif sesuai kebutuhan arsitektur kita.

Berikut adalah beberapa produk GRC yang sering diaplikasikan di dalam arsitektur bangunan :

  1. GRC Krawangan

GRC Krawangan atau Perforated GRC Screenmerupakan salah satu produk Glassfibre Rinforce Concrete (GRC) yang banyak diaplikasikan di dalam arsitektur bangunan. GRC Krawangan sendiri memiliki karakter dengan banyak lubang pada tubuh produknya.

Dengan karakter yang berlubang, GRC Krawangan biasanya difungsikan sebagai ventilasi udara dan pencahayaan bangunan.

Berikut merupakan gambaran ciri fisik produk panel GRC Krawangan :

  1. dicetak dalam bentuk lembaran panel dengan ukuran menyesuaikan kebutuhan di lapangan.
  2. memiliki banyak lubang yang berfungsi sebagai akses utilitas / ventilasi udara dan cahaya.
  3. memiliki ketebalan sesuai dengan kebutuhan kita. (Ketebalan yang beredar di pasaran adalah 3-5 cm).
  4. memiliki beban panel rata-rata 40kg / m2 dengan ketebalan GRC 4 cm.
  5. untuk joint system antar panel GRC terdapat plat atau angkur tanam pada setiap sisi panel GRC Krawangan.
  6. biasanya sisi depan permukaan panel GRC lebih halus daripada sisi belakang panelnya, hal ini berkaitan dengan system cetak panel GRC.

Selain difungsikan sebagai ventilasi, produk panel GRC Krawangan ini juga biasa dijadikan sebagai elemen dekorasi bangunan dan di aplikasikan untuk mempercantik fasade bangunan, dan juga partisi di dalam dan luar bangunan.

Mengingat produk panel GRC krawangan yang tidak hanya difungsikan sebagai sarana utilitas cahaya.Panel GRC krawangan biasa dicetak dengan desain dan bentuk produk yang berulang-ulang / repetisi motif yang seragam.

Produk panel GRC krawangan juga memiliki banyak pilihan motif yang dapat diaplikasikan. Karena bahan atau material GRC sangat fleksibel untuk dibentuk dan dicetak sesuai motif yang diinginkan.

Beberapa motif panel GRC krawangan yang banyak diminati masyarakat, antara lain :

  • motif Zellij Marocco

Dengan corak islami membuat motif ini biasa diaplikasikan sebagai ornament dekoratif untuk bangunan masjid.

  • motif Batik Krawangan,

Batik sebagai warisan budaya bangsa tak hanya dijadikan motif dalam busana semata. Namun, juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk memperindah arsitektur bangunan anda. Dengan pemilihan corak yang khas Indonesia, GRC Krawangan dengan motif batik cocok diaplikasikan untuk segala jenis bangunan baik itu bersifat umum ataupun komersial.

  • motif Etnik Dayak

Begitu beragamnya budaya di Indonesia juga menjadi ciri tersendiri untuk perkembangan arsitektur nusantara. Motif Etnik Dayak menjadi salah satu motif yang sering dijadikan arsitek Indonesia untuk memperindah tampilan arsitektur yang mereka rancang.

Memiliki pola dekoratif dan karakter yang kuat. Motif ini cocok diaplikasikan untuk hunian pribadi, bangunan umum ataupun komersial.

  • motif Minimalis atau Modern

Seiring dengan perkembangan zaman, kebanyakan masyarakat di masa kini lebih menyukai hal yang simple namun nampak elegan dipandang. Begitu pula di industri arsitektur masa kini. Corak-corak minimalis seringkali dijadikan pilihan utama dalam mempercantik tampilan arsitektur bangunan.

Motif dengan corak minimalis dan modern sering kali menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat pada zaman sekarang. Motif seperti inibiasa diaplikasikan untuk hunian pribadi, bangunan umum ataupun komersial.

  • motif Custom

Untuk anda yang kreatif dan ingin memiliki motif lain dari yang lain, anda bisa membuat motif sesuai apa yang anda inginkan untuk diaplikasikan dalam GRC Krawangan yang akan anda gunakan sebagai sarana memperindah desain arsitektur yang anda buat.

Panel GRC Krawangan sangat direkomendasikan untuk dijadikan sebagai elemen ventilasi pada bangunan impian anda. Selain banyaknya pilihan motif yang dapat di aplikasikan pada desain panel GRC krawangan, harganya pun relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan produk krawangan yang terbuat dari besi cor atau pipa besi dan juga dari kayu jati yang memiliki harga lebih mahal.

Seperti yang tertulis diatas, meski ketebalan panel GRC Krawangan yang banyak beredar di pasaran adalah 3-5 cm. Namun tidak menutup kemungkinan jika ada permintaan khusus pada ketebalan yang di inginkan konsumen.

  1. GRC Relief

Salah satu produk panel GRC yang sudah mendapat nama di hati masyarakat adalah GRC Relief.

Arti dari Relief sendiri yaitu seni pahat atau ukiran 3 dimensi yang biasanya dibuat di atas batu. Pada zaman sekarang relief tidak hanya dijadikan seni memahat di atas batu. Relief juga dapat di aplikasikan sebagai model panel GRC.

Memiliki karakter timbul pada permukaan panelnya, panel GRC Relief sangat cocok untuk menghiasi desain arsitektur bangunan anda. Dijadikan sebagai elemen dekoratif bangunan, seperti relief untuk : masjid, bangunan tradisional, bangunan minimalis / modern juga bangunan – bangunan lainnya.

Karakter timbul / yang dibentuk 3 dimensi (tri matra) pada permukaan panel GRC relief pun memiliki ketebalan yang variatif sesuai keinginan anda. Berikut merupakan macam-macam relief dibedakan berdasarkan ketebalannya :

  • Bas Relief (Relief Rendah)           
    • Bila ketebalan ukiran timbulnya kurang dari setengah kedalaman dimensi ukiran.
  • Haut Relief (Relief Tinggi)
    • Bila ketebalan ukiran timbulnya lebih dari setengah kedalaman dimensi ukiran.
  • Demi Relief                             
    • Bila ketebalan ukiran timbulnya tepat setengah dari kedalaman dimensi ukiran.

Selain itu panel GRC relief pun memiliki corak motif yang beragam. Motif-motif yang sering diaplikasikan dalam panel GRC relief, antara lain : relief batik, relief kaligrafi, relief ornament geometris ataupun non geometris, relief candi, relief romawi, relief klasik, relief alphabet, dan banyak motif relief lain menurut selera pribadi.

  1. GRC Cladding

GRC Cladding merupakan produk olahan GRC yang diaplikasikan sebagai elemen pada eksterior bangunan. Pada hakikatnya cladding adalah aplikasi satu bahan diatas yang lain untuk memberikan kulit atau lapisan.

Di dalam dunia bangunan, GRC Cladding Panel difungsikan untuk memberikan tingkat isolasi termal dan tahan cuaca serta sebagai elemen dekoratif pada eksterior bangunan. GRC Cladding Panel biasa diaplikasikan pada dinding sekaligus difungsikan sebagai finishing.

Cladding GRC juga berfungsi sebagai kerangka penopang struktur bangunan, juga sebagai komponen yang melindungi bangunan agar tidak mudah terkena kotoran ataupun polusi. Fungsi – fungsi diatas terintegrasi menjadi satu pola desain cladding yang dipersiapkan untuk multi fungsi.

Ketebalan produk Cladding GRC yang beredar umumnya memiliki rata-rata karakter antara 8mm s/d 12mm, meskipun tidak menutup kemungkinan bilamana ada permintaan khusus konsumen mengenai ketebalan karakternya.

Produk GRC Cladding pun juga memiliki bentuk, motif, dan dimensi yang beragam. Hal ini disesuaikan dengan bentuk kebutuhan menurut spesifikasi dari konsumen itu sendiri.

Kebanyakan produk Panel GRC Cladding di aplikasikan pada bangunan besar dan atau tinggi. Hal itu karena produk GRC memiliki bobot lebih ringan dibandingkan produk beton pra cetak. Sehingga produk GRC dapat berfungsi untuk mengurangi beban kontruksi pada bangunan tersebut.

Harga GRC Cladding pun kompetitif dengan kualitas yang tak kalah dengan produk Cladding lainnya. Sehingga banyak orang yang memilih GRC Cladding Panel sebagai solusi dari arsitektur bangunan mereka.

  1. GRC Menara Masjid

Catatan sejarah menunjukkan bahwa hadirnya menara di dunia arsitektur bukanlah tanpa sebab. Pada awal perkembangan Islam di masa Rasulullah SAW dan masa-masa Khulafaurrasydin, azan dikumandangkan di atap rumah Rasulullah SAW atau di atas tiang yang sengaja dibangun di atas masjid sebagai tempat azan.

Pada masa itu memang belum terpikirkan ide untuk membangun sebuah menara seperti yang ada saat ini. Bangunan menara baru muncul pada masa kepemimpinan khalifah Al-Walid I yang sangat memperhatikan perkembangan arsitektur termasuk pada bangunan masjid.

Menara saat itu dinilai sangat perlu dibangun, mengingat bahwa nilai fungsinya yang dirasa begitu relevan. Menarapun menjadi sangat popular dan menjadi identitas tersendiri dari bangunan masjid.

Tidak hanya menjadi ciri khas di Jazirah Arab.Namun, menara juga menjadi ciri di berbagai wilayah di seluruh penjuru dunia. Keberadaannya memiliki peranan penting dalam struktur bangunan masjid. Nilai terpenting dari keberadaan menara masjid yaitu adanya kebutuhan untuk panggilan shalat.

Seiring dengan perkembangan zaman .Perkembangan menara dari waktu ke waktu pun ikut berubah begitu pesatnya mengikuti kebudayaan tempat menara itu dibangun.

Sebagai Negara dengan mayoritas penduduk penganut agama Islam, Indonesia memiliki begitu banyak bangunan masjid dengan beraneka ragam bentuk. Keanekaragaman tersebut tak lepas dari banyaknya suku dan budaya yang berada di Indonesia.

Keberagaman masjid di Indonesia juga diikuti keberagaman menara yang dibangun. Keberagaman menara tersebut dapat kita jumpai dari berbagai menara berikut : menara Masjid Demak, menara Masjid Cheng Ho, menara masjid Kudus, menara Masjid Pintu Seribu, menara Masjid Perahu, dan masih banyak lagi keberagaman bentuk menara yang tersebar di seluruh penjuru negeri.

Menara dengan bermacam bentuk di Indonesia seiring waktu juga ikut mengalami perkembangan. Baik itu dalam teknik pembuatannya dan juga bahan-bahan penyusun menara itu sendiri.

GRC sebagai bahan penyusun menara juga menjadi inovasi yang sangat menonjol dalam pembangunan menara di era saat ini. Berbagai alasan menjadikan GRC sebagai primadona dalam pembangunan menara. Selain harganya yang kompetitif, mudahnya membuat motif sesuai keinginan, serta memiliki bobot yang relative ringan.

Kalau anda sedang ingin membangun menara. Menara berbahan GRC bisa menjadi solusi arsitektur yang efektif dan efisien  untuk anda aplikasikan.

  1. GRC Kubah Masjid

Kebudayaan yang semakin maju tentu membuat masyarakat untuk berfikir secara praktis dan efektif dalam segala hal. Termasuk dalam rangka pembangunan Masjid.Kini membangun kesan arsitektural yang agung pada sebuah masjid dapat dilakukan dengan menggunakan kubah berbahan dasar GRC. Kubah GRC masjid menjadi bagian dari wujud perkembangan teknologi arsitektur masa kini.

Dengan hadirnya kubah GRC untuk masjid. Masyarakat kini kian mudah di dalam menentukan bentuk, pola pada arsitektur kubah masjid. Mengingat sifat GRC yang fleksibel sehingga mudah di cetak dengan bentuk dan pola motif sesuai keinginan kita.

Karena struktur kubah juga begitu penting di dalam pembangunan masjid. Inovasi yang ditunjukkan pada kubah GRC juga membuat pembangunan kubah pada masjid menjadi lebih praktis dan efisien.

Selain memudahkan dalam pengaplikasiannya. Bahan GRC yang cukup ringan dibanding beton pada umumnya juga membuat beban yang diterima struktur bangunan menjadi lebih ringan.

Kalau dibandingkan dengan pembangunan kubah dengan teknik cor tentu akan terlihat banyak perbedaan yang jelas. Seperti disebutkan sebelumnya kelebihan kubah berbahan GRC tentu lebih unggul dibanding kubah yang dibangun dengan teknik cor yang membutuhkan biaya yang cukup tinggi, pengaplikasian yang cenderung lebih ribet karena membutuhkan banyak tenaga kerja, kubah yang di cor permanen secara konvensional pun akan memberi beban yang cukup berat bagi struktur bangunan masjid.

Pengaplikasian kubah GRC dilakukan dengan menyusun/merangkai lembaran panel GRC yang telah dicetak sebelumnya dan dipasang dengan bantuan kerangka sesuai bentuk yang diinginkan nantinya.

Dengan begitu kubah GRC kini semakin diminati masyarakat sebagai solusi arsitektur mereka dan diharapkan dengan pemilihan GRC sebagai kubah dapat menambah kesan kekayaan seni arsitektur masjid di Nusantara yang memiliki beraneka ragam suku dan budaya.

  1. GRC Plafon

Pemilihan plafon atau langit-langit sebagai pembatas antara ruang dengan atap harus memperhatikan beberapa aspek estetika, dan aspek jangka panjang material plafon yang akan digunakan.

Plafon GRC bisa menjadi pilihan untuk menghiasi langit-langit rumah anda. Terbuat dari campuran serat dan semen membuat plafon GRC memiliki beberapa keunggulan diantara material plafon lainnya. Meski memiliki bahan dasar mirip beton, plafon yang terbuat dari GRC memiliki bobot lebih ringan.

Plafon jenis ini juga cocok untuk dimanfaatkan untuk ruangan yang cenderung basah atau memiliki tingkat kelembapan yang cukup tinggi.

Mengingat bahan GRC yang fleksibel. Plafon GRC lebih mudah dibentuk dibandingkan dengan plafon berbahan kayu ataupun triplek.

Memiliki beban yang ringan membuat plafon ini lebih mudah dipasang. Selain itu, karena memiliki permukaan yang halus membuat plafon ini lebih mudah dalam proses pengecatannya karena tidak perlu lagi untuk diplamir. Lebih hemat kan ?hehe

Plafond GRC juga menjadi plafon yang cukup tahan lama dengan rata-rata ketahanan diatas 20 tahun. Menarik bukan? Gak cuma itu saja, plafon GRC juga lebih mudah dalam perawatannya.

Plafon GRC tidak mengandung asbes sehingga baik untuk kesehatan karena  tidak akan mengganggu paru-parukita. Harga plafon ini pun lebih murah ketimbang plafon jenis lainnya jika dilihat jangka panjang.

  1. GRC Lisplang / Cornice

Untuk menambah estitika baik itu di dalam sudut eksterior ataupun interior, suatu bangunan perlu diberi sebuah komponen yang memiliki point of view tersendiri yang menjadi penyambung bangunan agar tak terlihat monoton.Lisplang ataupun Cornice menjadi solusinya.

Lisplang atau cornice GRC memiliki kelebihandiantaranya tahan terhadap cuaca baik itu dalam keadaan lembap ataupun panas, tahan lama dan tidak mengalami pembusukan.

Selain itu karena permukaan yang halus membuat lisplang jenis ini terlihat lebih rapi ketika di pasang. Pemasangannya pun cukup mudah karena karena memiliki bobot yang ringan.

Pekerjaan pemasangan GRC pun lebih bersih sehingga tidak mengotori lokasi proyek. Sehingga membuat biaya pemasangan lebih hemat karena pemasangan yang lebih cepat dan efisien.

Bentuk dan motif pada lisplang GRC pun lebih beragam, karena bahan GRC memiliki sifat yang fleksibel seperti tersebut diatas sehingga memudahkannya untuk di bentuk sesuai keinginan kita.

  1. GRC Kolom atau Pilar

Kolom atau pilar sebagai struktur penyangga beban bangunan menjadi item pokok yang perlu diperhatikan dalam perencanaan bangunan.

Pilar/kolom tak hanya difungsikan sebagai penyalur beban bangunan saja. Melainkan juga dapat menambah kesan elegan pada bangunan anda apabila memiliki bentuk yang menarik.

Pemilihan bentuk kolom atau pilar bangunan yang tepat dapat membuat bangunan anda terlihat mewah dan gagah.

Kolom dan pilar berbahan GRC akan sangat cocok untuk menghiasi struktur bangunan anda.

Selain bentuk yang bisa disesuaikan keinginan kita. Pemilihan Kolom dan pilar berbahan GRC dapat membuat pembangunan rumah kita menjadi lebih efektif dan efisien.

Mencari Produsen atau Supplier GRC Terkemuka

          Ketika sedang mencari produsen atau supplier terkemuka. Tentu saja kita memiliki kriteria tertentu terhadap produsen dan supplier tersebut.

            Misalnya produsen atau supplier tersebut sudah memiliki track record yang cukup baik, berkompeten di bidangnya, memiliki Sumber Daya Manusia yang mumpuni, serta yang tak boleh ditinggalkan dalam penentuan produsen atau supplier GRC adalah yang mampu memberikan penawaran terbaik kepada kita.

            Apabila anda sedang ada kebutuhan GRC, jangan ragu dan jangan malu untuk menghubungi GRC Artikon. Kami akan membantu memenuhi kebutuhan anda.

Dengan di dukung Sumber Daya Manusia yang mumpuni serta track record yang baik. Kami selaku produsen dan supplier GRC terkemuka, tentu kepuasan konsumen menjadi prioritas utama bagi kami.

            Selain menyediakan kebutuhan GRC anda, kami juga siap memenuhi kebutuhan roster atau ventilasi beton pra cetak untuk bangunan anda.

            Untuk informasi dan pemesanan silahkan hubungi marketing kami di marketing@grcartikon.co.id atau kunjungi Marketing Office kami yang berada di Jalan Raya Mojoagung no. 194, Gambiran Selatan, Gambiran, Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Indonesia.

Bagikan Artikel :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Galeri Foto di Pinterest

Galeri Foto Kami di Pinterest
Post Tags :

type dan fungsi grc

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar Anda