Material Komposit Alternatif Panel

Material Komposit sebagai Alternatif Panel pada Kebutuhan Bangunan Arsitektural

Material komposit merupakan rekayasa material yang terbuat dari dua atau lebih bahan dengan sifat yang berbeda (baik perbedaan secara fisik maupun kimia). Bahan-bahan yang dikombinasikan ini akan menghasilkan karakteristik yang berbeda dari masing-masing komponen asal (komponen asal tetap terpisah pada hasil akhir pengombinasian). Dengan tetap adanya keterpisahan pada hasil akhir, maka perlu ada tambahan bahan yang difungsikan sebagai wetting agent (agen pembasah; suatu zat yang meningkatkan penyebaran dan menembus sifat cairan dengan menurunkan tegangan permukaan). Agen pembasah ini memiliki kecenderungan molekul untuk menempel satu sama lain di permukaan. Sifat material komposit seperti ini telah banyak dimanfaatkan oleh berbagai bidang manufaktur sebagai produk andalan yang bisa bersaing di pasaran.

Merujuk pada penjelasan singkat di atas, tujuan pembuatan material komposit di bidang manufaktur adalah sebagai berikut:

  1. Untuk memperbaiki sifat mekanik dan atau sifat spesifik tertentu.
  2. Untuk mempermudah desain yang sulit pada manufaktur.
  3. Untuk mempermudah dalam mengkreasikan desain / bentuk yang dapat menghemat biaya.
  4. Untuk menjadikan bahan lebih ringan.

Dari tujuan-tujuan pembuatan material komposit atau bisa dikatakan sebagai kelebihan material komposit seperti di atas sangat memungkinkan untuk dikembangkan ke berbagai bidang manufaktur. Contoh perusahaan atau bidang yang memanfaatkan serta memaksimalkan penggunaan material komposit adalah bidang arsitektur. Dalam bidang arsitektur, material komposit saat ini dimanfaatkan untuk memproduksi berbagai panel produk komposit, produk GRC sebagai contohnya. GRC (Glassfibre Reinforced Cement) adalah produk komposit berbahan dasar semen yang dicampur dengan serat fiberglass. GRC juga memiliki pengertian suatu produk beton pracetak hasil dari percampuran antara semen, agregat (sekumpulan butir-butir pecahan batu, kerikil, pasir) yang diperkuat dengan serat fiberglass serta bahan tambahan penguat. Material ini relatif fleksibel untuk dikreasikan ke bermacam bentuk yang komplek dan rumit di bidang arsitektur, misalnya: GRC krawangan, GRC ornamen, dll.

Dengan sifat yang relatif fleksibel, material berbahan komposit bisa sebagai alternatif untuk berbagai keperluan bidang arsitektur. komposit Material dapat dimanfaatkan untuk pembuatan beragam panel. Misalnya: pembuatan panel GRC berupa cladding / sidding/ papan lembaran pelapis dinding, bisa juga untuk pembuatan panel GRC berupa plafon rumah, dan sebagainya. Tidak hanya sebagai pelapis dinding atau plafon saja, material komposit bisa dimanfaatkan sebagai alternatif penghias dinding. Dalam hal ini, material komposit dapat dikreasikan menjadi bermacam ornamen yang cantik untuk menambah keindahan bangunan dinding.

material komposit grc panel 2material komposit grc panel 1

Produk-produk berbahan komposit di atas adalah sebagian contoh dari pengembangan bahan komposit di bidang arsitektur. Tidak menutup kemungkinan bahwa suatu saat produk dari material komposit bisa diterapkan pada bidang lainnya. Dengan karakteristik produk yang sedemikian rupa, bisa dipastikan akan terus ada pengembangan lebih luas melalui media yang bervariasi sebagai konsekuensi dari tuntutan pasar yang semakin ramai. Produk berbahan komposit mungkin saja tidak hanya sebagai alternatif untuk beraneka panel dan ornamen penghias dinding bangunan, tetapi bisa juga dikreasikan untuk keperluan lain di bidang arsitektur. Semua pengembangan tetap beracuan pada standar kualitas sesuai sifat dan kelebihan yang dimiliki, serta tetap memperhatikan nilai-nilai estetisnya.

Bagikan Artikel :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Galeri Foto di Pinterest

Galeri Foto Kami di Pinterest

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar Anda