Kubah Masjid

Kubah Masjid Sebagai Elemen Atap Utama yang Memperkuat Karakter Identitas Arsitektural Masjid

Kubah Masjid adalah sebuah elemen arsitektur yang mempunyai karakter bentuk hampir mirip setengah bola tertelungkup (dan berbagai bentuk/varian kubah lainnya) yang biasanya terdapat diatas bangunan masjid. Kubah pada dasarnya memiliki fungsi sebagai atap bangunan masjid yang di stilasi sehingga memperkuat identitas sebuah bangunan arsitektural islami yang diperuntukkan sebagai sarana ibadah publik (sholat berjamaah) oleh umat Islam. Sebagai ikon bangunan masjid, kubah pada masjid biasanya di desain sedemikian rupa sehingga memiliki daya tarik (eye cacthing) yang cukup dominan. Kebanyakan orang akan mengenali bangunan masjid dengan hanya melihat kubah tersebut, meskipun masih dalam jarak yang cukup jauh, tanpa harus melihat fasade bangunan masjid secara keseluruhan.

kubah masjid nabawi di madinah al munawaroh

kubah masjid nabawi di madinah al munawaroh

Varian dan bentuk kubah masjid sangat banyak dan bervariatif. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa aspek, antara lain adalah aspek geografis regional, aspek budaya, dan bahan baku penyusunnya. Kita sering menjumpai kubah enamel, kubah GRC, kubah galvalum, kubah aluminium, kubah beton dll.

Selain kubah untuk masjid, elemen kubah juga sering kita jumpai pada bangunan arsitektur bergaya klasik romawi dan yunani. Kubah masjid dan kubah klasik memiliki fungsi hias yang akan membuat bangunan arsitektural dibawahnya akan menjadi lebih anggun dan mempunyai kewibawaan yang besar. Hal ini dikarenakan kubah (dome) memiliki dasar bentuk (arc) kurva lengkung dengan bentang yang cukup panjang dan melebar, baik di sisi exterior maupun eksterior bangunan. Secara otomatis bentuk lengkungan dengan bentang panjang akan memiliki efek kesan monumental dan mempengaruhi psikologis yang mengecilkan ego seseorang apabila berada dibawahnya, apalagi lengkungan dari kubah tersebut besarnya/panjang diameternya sangat besar.

Sebagai salah satu produsen/supplier GRC dan beton precast, kami menawarkan diri untuk melayani kebutuhan kubah masjid yang terbuat dari GRC (glassfibre reinvorced cement) dengan variasi bentuk yang anda inginkan dan dengan dimensi/ukuran kubah seuai kebutuhan anda. Harga GRC kubah masjid yang kami tawarkan akan ditentukan oleh besaran/ukuran diameter dan ketinggian kubah masjid, dan tingkat kerumitan desain bentuk kubah yang diinginkan. Dengan kualitas terbaik dan terjamin, GRCartiKON akan memberikan pelayanan pengadaan/pembuatan elemen kubah GRC majid yang anda inginkan.

Adapun pertanyaan tentang informasi produk, pelayanan dan pemesanan GRC kubah masjid, bisa anda peroleh dengan menghubungi kontak kami yang tersedia di website resmi kami ini.

Bagikan Artikel :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Galeri Foto di Pinterest

Galeri Foto Kami di Pinterest

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar Anda