Komposisi GRC

Komposisi GRC dan Berat Rata-rata Produk GRC Panel Cladding

Desain takaran / komposisi GRC merupakan hasil dari proses pengetahuan dan penelitian tentang sifat dasar penyesuaian daya tarik, tekanan, pertimbangan kelenturan, kekuatan, ditambah dengan perkiraan perilaku di bawah pengaruh beban sekunder seperti creep, respon termal dan pergerakan kelembaban.

Ada beberapa perbedaan antara bahan yang terbuat dari struktur logam dan bahan komposit [GRC]. Misalnya, logam secara umum bisa mengalami deformasi [perubahan bentuk], sedangkan sebagian besar komposit [khusunya GRC] lebih bersifat elastis. Namun, sifat yang berbeda dari bahan-bahan ini menyediakan mekanisme untuk penyerapan energi tinggi pada skala mikroskopis sebanding dengan proses yang unggul. Tergantung pada jenis dan tingkat keparahan beban eksternal, laminasi komposit mungkin menunjukkan penurunan bertahap dalam properti tetapi biasanya lebih tahan terhadap bencana. Mekanisme perbaikan kerusakan pada logam dan struktur komposit juga cukup berbeda. Karakteristik penting lainnya dari berbagai komposit [GRC] adalah sifatnya yang tahab korosi, kapasitas redaman tinggi dan koefisien ekspansi termal rendah.

Panel Glassfibre Reinforced memiliki bentuk umum seperti panel beton pracetak lainnya, tetapi berbeda dalam beberapa hal secara signifikan. Misalnya, panel GRC rata-rata memiliki berat substansial lebih ringan dari panel beton pracetak. Berat GRC lebih mengurangi beban pada komponen struktur bangunan inti. Selain itu, bingkai bangunan menjadi lebih ekonomis.

Sifat lain dari bahan GRC juga tergantung pada desain campuran dan metode pembuatan [semprot atau premix]. Sifat khas untuk bahan GRC yang dibuat menggunakan semprotan dan proses premix disajikan dalam tabel di bawah.

 

Property   Spray (kg)
Premix (kg)
Berat Glassfibre % 5 3
Kekuatan kelenturan ultimate (MOR) MPa 20-30 10-14
Batas elastis kelenturan (LOR) MPa 7-11 5-8
Kekuatan geser interlaminator MPa 3-5 NA
Kekuatan geser diplanar MPa 3-5 NA
Dampak kekuatan MPa 8-11 4-7
Kekuatan tekanan Kj/m2 10-25 10-15
Modulus elastisitas GPa 10-20 10-10
Regangan terhadap kegagalan % 0.6-1.2 0.1-0.2
Kepadatan kering t/m3

 

1.9-2.1 1.8-2.0

 

Bahan Spray (kg) Premix (kg)
Semen 50 50
Agregat halus 50 50
Plastizer 0.5 0.5
Polimer 5 5
Air 13.5 14.5
AR Glassfibre 4.5-5% 2-3.5%

Standart komposisi GRC diatas digunakan sebagai patokan dalam menyiapkan campuran material / bahan baku produksi GRC pada beberapa produsen GRC. Namun pada beberapa kasus, standart komposisi GRC diatas bisa dimodifikasi menyesuaikan bahan vernakular yang yang tersedia di lingkungan sekitar.

Adapun berat GRC panel polos memiliki rata-rata berat sekitar 1,2 Kg per ketebalan 1 mm untuk luasan 1 m2. Berikut tabel data berat panel dengan beberapa ketebalan panel GRC yang berbeda:

komposisi GRC & berat GRC panel

Standar ukuran ketebalan dan berat diatas, biasanya di pakai pada estimasi berat dan ketebalan produk cladding GRC panel polos tanpa motif relief. Untuk produk GRC krawangan akan berbeda skala beratnya dengan produk panel cladding GRC.

Informasi lebih detail silahkan menghubungi team marketing di CONTACTS yang tersedia di website ini. Semoga bermanfaat!.

Bagikan Artikel :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Galeri Foto di Pinterest

Galeri Foto Kami di Pinterest

1 Response

  1. zaini
    Konsep yang mengedepankan hemat. Mungkin ada beberapa contoh bentuk fasad untuk rumah tinggal. Dengan konsep efisien dan efektif.

Tinggalkan Komentar Anda