instalasi GRC: Mudah, cepat, murah

instalasi GRC bisa dikerjakan sendiri atau di borongkan saja

instalasi grc panelPenggunaan material GRC di berbagai macam kepentingan pembangunan semakin mengalami peningkatan yang signifikan. Dari waktu ke waktu hal itu jamak dilakukan banyak orang di dunia arsitektur karena beberapa alasan mendasar. Alasan yang paling sering diutarakan adalah karena penggunaan dan proses instalasi GRC relatif mudah, cepat, dan yang terpenting adalah murah.

Dari berbagai sumber data, proses instalasi GRC memang menjadi faktor yang dapat diunggulkan sebagai produk arsitektur inovatif. Kemudahan, kecepatan, dan harga yang murah bisa diuraikan sebagai berikut:

1. Mudah
Dilihat dari segi pemasangan atau instalasi GRC, produk GRC merupakan produk yang relatif mudah untuk dipasang oleh siapa pun. Produk GRC yang didesain siap pasang sangat mungkin diaplikasikan bahkan oleh orang yang tidak begitu ahli dalam bidang arsitektur (asalkan mengerti prinsip-prinsip dasar instalasi GRC).

2. Cepat
Faktor ini bisa dilihat secara jelas pada salah satu proses instalasi produk GRC berupa dinding lembaran GRC atau biasa dikenal dengan "cladding/ sidding". Instalasi produk GRC ini memakan waktu yang lebih cepat daripada proses pembuatan dinding secara konvensional dengan teknik memasang batu bata.

3. Murah
Dengan pertimbangan efektifitas waktu seperti contoh pada poin kedua, instalasi GRC tentu saja lebih murah karena menghemat waktu dan tenaga kerja. Selain itu, pembiayaan akan lebih murah karena bahan-bahan yang digunakan tidak sebanyak biaya pembangunan dengan cara konvensional.

Secara umum, pemasangan GRC melalui beberapa tahapan yang mudah dipahami. Prinsip dasar yang biasa digunakan adalah bagaimana panel GRC bisa terpasang dengan rapi, kuat, dan aman. Maka tahapan yang dilakukan sebelum pemasangan lebih lanjut adalah mempersiapkan pelengkap instalasi. Para pekerja biasa menggunakan rangka besi penahan beban yang dapat dipasang terlebih dahulu. Setelah itu barulah panel-panel GRC dipasang pada rangka besi tersebut. Selain menggunakan teknik tersebut, pemasangan GRC juga bisa dilakukan dengan cara menggunakan rangka stud frame yang langsung dipasang di beton dengan memanfaatkan dynabolt. Sedangkan sambungan antara panel satu dengan lainnya bisa menggunakan flexible joint.

Penjelasan singkat pemasangan GRC adalah sebagai berikut:

1) Persiapkan panel-panel GRC yang akan dipasang.

2) Persiapkan perlengkapan yang akan digunakan untuk memasang panel GRC.
- hoist,Chain block atau kerekan yang dilengkapi tali tambang. Pemasangan alat ini diusahakan bersifat portabel/ mudah untuk dipindahkan.
- Scaffolding. Alat bantu ini disusun sedemikian rupa dengan estimasi jarak yang tidak mengganggu proses pemasangan GRC (sekira 50 cm dari tempat pemasangan).
- Electric drill (jika dibutuhkan) untuk mengunci mur baut sebagai penguat mur saat pemasangan rangka besi atau pun panel GRC.

3) Setelah perlengkapan sudah dipersiapkan, pastikan bahwa panel-panel GRC yang akan dipasang sudah tepat posisi.

4) Panel GRC ditempatkan sesuai posisi yang diinginkan dengan menggunakan kerekan dan bantuan tali tambang untuk menghindari benturan dengan bangunan/ benda lain.

5) Setelah panel GRC sudah ditempatkan di posisi yang tepat, pasangan bisa disipat menggunakan bantuan lot gantung untuk memastikan tingkat kelurusan panel GRC. Jika sudah lurus, maka panel GRC bisa dikancing dengan sistem pengelasan panel ke dinding tumpuan.

6) Setelah lurus dan selesai melakukan pengelasan (panel sudah terpasang), proses terakhir adalah melakukan pekerjaan finishing. Proses ini dilakukan untuk memperbaiki panel GRC yang cacat akibat benturan/ pemakaian bahan penutup flexible joint antar panel.

 

Jika anda masih merasa kesulitan, atau mungkin tidak ingin direpotkan perihal instalasi GRC. GRC Artikon selalu siap untuk membantu proses instalasi GRC sesuai dengan keinginan anda, sehingga dapat menghemat waktu, tenaga dan pikiran anda. Hubungi contacts kami. Terimakasih

Bagikan Artikel :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Galeri Foto di Pinterest

Galeri Foto Kami di Pinterest

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar Anda