stone cladding GRC

stone cladding GRC, lebih estetis, lebih dinamis

Gairah industri konstruksi, khususnya perusahaan produsen komposit concrete semakin menunjukkan geliatnya. Hal ini terjadi karena produk komposit concrete atau lebih populer dengan nama Glassfibre Reinforced Cement (GRC) memiliki banyak kelebihan dibanding produk lain. Sehingga kebutuhan produk GRC semakin ramai di pasaran. Varian produk GRC pun semakin hari semakin berkembang. Salah satu yang paling diminati masyarakat adalah cladding. Cladding yang diproduksi dengan bahan GRC juga memiliki jenis yang beragam, tergantung pada kebutuhan konsep bangunan yang dirancang. Pada artikel ini akan diulas salah satu produk GRC jenis stone cladding. Stone cladding dengan bahan dasar GRC sebagai duplikasi panel cladding yang berkesan alami.

Cladding pada masyarakat umum sering disebut dengan dinding lembaran atau sidding. Sedangkan stone cladding merupakan dinding lembaran yang terbuat dari bahan batu alami. Cladding jenis ini biasanya diproses dengan cara membuat irisan-irisan batu tipis untuk pelapis dinding/ lapisan finishing pada dinding. Tidak mengurangi nilai fungsi dan keindahan, stone cladding bisa dicipta atau diduplikasi dalam bentuk lain. Tidak menggunakan batu alami, tetapi inovasi dari bahan GRC mampu mencipta jenis cladding yang serupa.

Stone cladding berbahan GRC sebenarnya memiliki kelebihan seperti produk GRC lainnya. Selain unggul dalam hal kekuatan dan daya tahan, cladding GRC jenis ini juga memiliki nilai estetis dengan detail yang tinggi dan dengan keindahan yang berkualitas. Dalam hal kekuatan dan daya tahan, stone cladding memiliki keunggulan karena berbahan material ringan dan sangat memungkinkan untuk dipindah-pindah sesuai kebutuhan. Cladding berbahan GRC membantu mengurangi daya serap air pada dinding, sehingga dinding relatif tetap terlindungi dalam jangka waktu yang lama. Dari segi estetika, stone cladding menambah cantik suatu konstruksi bangunan karena motif batuan sangat bisa dibentuk atau diduplikasi, mengingat bahan GRC memiliki fleksibilitas untuk dibentuk dan dikreasikan sesuai keinginan (kesan alami muncul dan tidak monoton). Manfaat lain dari jenis cladding GRC ini adalah dapat diaplikasikan dengan baik pada media dinding atau plafon.

Semua kelebihan yang dimiliki oleh produk ini (GRC, khususnya stone cladding) tak lain hanyalah wujud dari inovasi bidang arsitektur yang dimaksudkan untuk mempermudah masyarakat dalam menikmati fasilitas teknologi modern dengan penuh kenyamanan. Pemenuhan kebutuhan kelayakan bangunan (rumah hunian, perkantoran, dll) menjadi suatu hal yang prioritas di masa saat ini. Namun demikian para pengembang tidak melulu berfikir tentang kuat dan kokohnya bangunan, lebih dari itu pertimbangan dari sisi keindahan juga masuk bagian terpenting di dalamnya.

Keindahan sebuah bangunan serta kekokohan strukturnya tidak lepas dari peran perkembangan teknologi bidang konstruksi. GRC yang terbuat dari bahan komposit becampur agregat dan penguat bahan lainnya bisa menjadi alternatif pilihan komponen bangunan yang bisa membantu tujuan kekokohan bangunan. Demikian juga dengan nilai seni dan keindahan, GRC sebagai komponen bangunan yang sifatnya bisa dikreasikan sesuai kebutuhan menjadi pilihan tepat dalam memperindah struktur bangunan. Stone cladding berbahan GRC dengan segala kelebihan yang dimilikinya juga menjadi bagian penting dalam bidang konstruksi. Inovasi dan gagasan penciptaan cladding jenis ini semakin menambah kekayaan arsitektural yang mempertahankan standar dasar komponen arsitektur yang harus kuat, punya ketahanan, dan memiliki cita rasa seni yang baik. Dengan demikian, pemanfaatan stone cladding di bidang konstruksi akan semakin optimal dan bernilai seni tinggi.

Bagikan Artikel :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Galeri Foto di Pinterest

Galeri Foto Kami di Pinterest

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar Anda