Glassfiber Reinforce Cement (GRC)

Apakah grc  itu?.....

Glassfibre Reinforced Cement atau biasa disingkat dengan grc merupakan suatu produk bangunan/ material berbahan dasar semen yang dicampur dengan serat fiberglass. Grc juga memiliki pengertian suatu produk beton pracetak hasil dari percampuran antara semen, agregat (sekumpulan butir-butir pecahan batu, kerikil, pasir) yang diperkuat dengan serat fiberglass serta bahan tambahan penguat. Secara umum grc diakui oleh banyak kontraktor dan konsultan memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan produk beton pracetak lainnya. Karakteristik grc yang lebih ringan, kuat, tahan di segala cuaca (hujan, panas, bahkan musim salju), tahan korosi, api, pengikisan, serangga, dan perubahan suhu menjadi keistimewaan tersendiri yang relatif tidak dimiliki oleh produk beton cor lainnya.

Selain memiliki keunggulan seperti di atas, grc juga memiliki keunggulan sebagai berikut:
1. Praktis dan dapat dicetak dalam bentuk apa saja (lebih flexible).
2. Proses pencetakan bisa diterapkan sekalipun untuk bentuk desain yang memiliki tingkat kerumitan tinggi (mulai dari jenis grc yang dicetak tipis sebagai papan/ grc Board sampai dengan grc Krawangan berdesain dekoratif yang rumit).
3. Pemasangan grc relatif lebih mudah karena bahan lebih ringan.
4. Karakteristik yang ringan bisa mengurangi beban konstruksi gedung, sehingga dapat mengurangi biaya struktur dan pondasi.
5. Lebih tahan lama dan mudah dalam proses pemeliharaannya.
6. Memiliki keuletan yang tinggi sehingga tidak mudah retak.
7. Proses pewarnaan dan bentuk bisa disesuaikan dengan keinginan.
8. Lebih ramah pada kesehatan manusia karena tidak mengandung bahan asbes.

Salah satu hal paling utama yang menarik dari grc adalah kemudahan pemasangannya. Secara umum kemudahan itu bisa dilakukan dengan cara memasang rangka besi terlebih dahulu sebagai penahan beban. Setelahnya, barulah panel-panel GRC dipasang pada rangka-rangka besi tersebut dengan teknik penyambungan antar-panel menggunakan flexible joint sealant. grc setebal 8 mm digunakan untuk listplank, false column, cladding , plafond, dan lain-lain. Sedangkan grc dengan ketebalan 10 mm digunakan untuk talang, atap kubah, dan lain-lain.

Sifat mekanis grc bervariasi menurut ketebalan sebagai berikut :
· Berat panel 8mm = 17,6 kg/m2 (tanpa rip)
· Berat panel 10mm = 20,2 kg/m2 (tanpa rip)
· #et = 6 N/mm2 = 60 kg/cm2
· #tr = 3 N/mm2 = 30 kg/cm2
· Benturan 15-30 Nmm/mm2
· Tekanan hancur 60-100 Nmm/mm2 == 6-10 kg/mm2
· Modulus young 1,5-2 Nn/mm2 == 153-204 kg/mm2
· Lenturan batas elastis 14-17 N/mm2 == 1,5-1,7 kg/mm2
· Batas patah 35-45 N/mm2 == 3,5-4,6 kg/mm2
· Tarik batas elastis 35-45 N/mm2 == 0,9-1 kg/mm2
· Batas putus 14-17 N/mm2 == 1,5-1,7 kg/mm2
· Geser pons 30-55 N/mm2 == 3-5 kg/mm2
Catatan: 1 kg = 9,807 Newton, 1 N = 0,102 kg, BJ = 2,2 Ton/m3

Sifat serat Fiber Alkali yang digunakan sebagai berikut :
· Kekuatan tarik elemen 3.500 MPa
· Kekuatan tarik benang 1.700 MPa
· Modul elastisitas young 72.000 MPa
· Berat Jenis 2,68
· Strain pada titik panas 2 H%
· Peresapan air · Suhu luluh 860
· Tahan api

Dengan standar dan karakteristik yang sedemikian rupa (seperti yang tercantum di atas), grc dapat diaplikasikan untuk konsep bangun arsitektur interior maupun eksterior. Misalnya:
1) Bangunan; langit-langit, atap, panel akustik.
2) Sipil; pipa talang, kubah masjid, saluran kanal, saluran air,
3) Lain-lain: dekorasi langit-langit, bak mandi, ornamen dan ukiran, dan lain-lain.

Semakin maraknya penggunaan grc memupuk perkembangan motivasi bagi banyak penyedia layanan di bidang konstruksi. Baik layanan konsultasi konstruksi bangunan, perusahaan/ produsen grc , dan desainer, semakin berlomba memperkenalkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh grc . Inovasi pun dilakukan seiring dengan permintaan konsumen yang semakin hari kian meningkat. Jaminan kemudahan pemasangan, kekuatan bahan, keramahan bahan dengan kesehatan, dan keindahan bentuk (desain) grc menjadi nilai tawar yang sangat menjanjikan.

grc Artikon sebagai salah satu produsen penghasil beton pracetak juga menawarkan produk panel grc sesuai dengan kualifikasi di atas. Tidak hanya sebagai produsen, perusahaan ini juga memberi pelayanan lebih pada konsumen dengan bertindak sebagai konsultan tentang beton pracetak sekaligus sebagai pemborong (mulai dari tahap penawaran desain/ motif, tahap produksi, hingga tahap pemasangan di lokasi proyek).

Produk panel grc yang ditawarkan sangat bervariasi untuk segala aplikasi bangunan. Misalnya untuk bangunan masjid, gereja, wihara, pura, rumah, perkantoran, dan bangunan umum lainnya. Ornamen atau motif yang ditawarkan juga beraneka ragam. Mulai dari motif-motif hasil desainer PJ Artikon (desain-desain baru yang belum pernah ada di pasar beton pracetak grc) sampai dengan pelayanan desain khusus sesuai dengan permintaan konsumen (konsep desain motif nusantara/ dalam negeri maupun konsep desain luar negeri; dengan tingkat kerumitan seperti apa pun).

PJ Artikon terus berkeinginan mencipta inovasi baru pada ranah pengembangan produk beton pracetak, khususnya panel grc. Inovasi yang ada diharapkan bisa memberi sumbangan ide kreatif dalam hal memproduksi grc, sumber informasi dan konsultasi tentang beton pracetak, dan upaya pelayanan terbaik bagi masyarakat pemesan (konsumen) di seluruh penjuru nusantara. Mari saling berbagi di www.grcartikon.com

Bagikan Artikel :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Galeri Foto di Pinterest

Galeri Foto Kami di Pinterest

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar Anda