Tips Memilih GRC berkualitas

Tips Memilih GRC berkualitas, beberapa panduan sebelum anda memesan dan membeli produk GRC

Tips memilih GRC adalah sebuah hal penting pada tahap awal jika anda memiliki kebutuhan akan GRC. Berikut beberapa hal yang bisa dipertimbangkan untuk memilih produk GRC yang baik secara kualitas:

1. Pilihlah dari ahlinya.

Carilah Supplier/produsen GRC yang benar2 kompeten di bidangnya. Hal ini bisa di lihat dari portofolio project yang pernah dikerjakan dan berapa lama usaha GRC tersebut berjalan, karena kualitas produk GRC sangat ditentukan dari lama jam terbang dan berapa banyak project yang pernah dikerjakan.

2. Compare hasil pekerjaan/project.

Sebelum memesan produk GRC, ada baiknya anda melihat-lihat proyek apa saja yang pernah dikerjakan oleh supplier/produsen GRC yang akan anda pilih. Pilihlah dari produsen yang telah berpengalaman mengerjakan proyek GRC dengan sekala proyek besar. Biasanya terdiri dari proyek-proyek bersifat publik (besar) atau mungkin proyek-proyek pemerintahan. Hal ini sangat menentukan bagaimana dia berkomunikasi dengan konsumennya dengan sistem yang terencana dengan sangat baik.

3. Jangan mudah percaya dengan photo proyek yang di pajang di website.

Cukup banyak beberapa produsen yang memajang foto dokumentasi proyek (portofolio) yang bukan hasil dari proyek yang pernah dikerjakannya. Bisa saja itu adalah proyek pekerjaan GRC yang dikerjakan oleh beberapa produsen lain. hati-hati dengan produsen seperti ini yang bisa dikatakan sebagai produsen/suppier GRC yang tidak sportif dalam mencari order.

4. Survey.

Tips memilih GRC ke-3 adalah, jika diperlukan anda bisa melihat terlebih dahulu ke kantor pemasaran untuk sekedar mengetahui secara langsung sampel produk dan mengecek fisik produk yang ditawarkan. Di sana anda akan melihat secara fisik dan bisa mengukur apakah produk tersebut layak untuk anda pakai dalam mengisi kebutuhan produk GRC pada proyek anda.

5. Tanyakan tentang kualitas material.

Material/bahan yang dipakai dalam membuat sebuah produk GRC, adalah hal yang sangat penting dan sangat menentukan seberapa baik kualitas produk yang dihasilkan.

  • Serat Fibreglass yang baik adalah jenis Alkali Resistant Glassfibre ( ARG Fibre) dengan ukuran choped panjang rata-rata 18 – 36 mm. Jangan pernah menentukan pilihan pada produsen yang masih menggunakan serat fiber untuk campuran produk gypsum.
  • Agregat Halus ( Pasir) Agregat yang dipergunakan adalah pasir bersih, kering dan keras, serta bergradasi 150 mikron s/d 1, 2 mm ( 100% dapat melewati ayakan ASTM 16, dan max 10% yang dapat melewati ayakan ASTM 100) .Kandungan dalam pasir disyaratkan :
    - Silika … … … … … … … … … … … … … … … … … … … … … … … … … … > 96 %
    - Larutan garam .… … … … … … … … … … … … … … … … … … … … …  … < 1 %
    - Lumpur organik … … … … … … … … … … ..… … … … … … … … … … …  < 0, 5 %
    - Kelembaban … … … … … … … … … … … … … … ..… … … … … … … … … < 2 %
  • Semen menggunakan Semen Portland biasa seperti disyaratkan SII untuk beton atau PBI 1971.
  • Air Syarat – syarat air yang boleh dipergunakan adalah :
    - Air harus bersih, tidak mengandung Lumpur.
    - Setara dengan air yang dipergunakan untuk adukan beton.
    - Kandungan air dalam GRC lebih kecil dibandingkan dengan kandungan air dalam beton. ( lihat pada penjelasan adukan) .
  • Bahan Tambahan yang dapat digunakan :
    - Bahan tambahan untuk beton, seperti water reducer, retarder, acrylic thermoplastic.
    - Bahan tambahan yang memenuhi persyaratan ASTM 494, ASTM C 618, ASTM 960.

6. Proporsional dan sesuai desain.

Lihatlah secara teliti dan detail pada sampel produk yang disuguhkan kepada anda. Perhatikan tingkat kesamaan bentuk motif, jika perlu ukurlah dimensi bentuk perulangan motifnya. Jika dirasa ada bagian yang kurang simetris, maka jangan ambil. Dikarenakan apabila anda jadi memesannya, kemungkinan besar yang terjadi adalah produk masalnya tidak akan simetris sama seperti desain yang anda inginkan/siapkan.

7. Finishing produk GRC.

Hal terakhir dari Tips Memilih GRC adalah tingkat kerapian dan kehalusan pada permukaan produk adalah sangat penting untuk dipertimbangkan. Telitilah dalam mengeceknya jangan sampai produk GRC yang nantinya anda pesan tidak memiliki tingkat kerapian yang baik pada saat proses produksi masal.

Semoga Tips Memilih GRC berkualitas ini bisa bermanfaat bagi anda yang mempunyai kebutuhan produk GRC sebelum memesan/membeli pada produsen GRC. Hubungi kami untuk informasi lebih detail.

Bagikan Artikel :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Galeri Foto di Pinterest

Galeri Foto Kami di Pinterest

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar Anda