Manfaat Dan Kelebihan GRC

Dalam dunia arsitektur, manfaat dan kelebihan GRC sudah banyak dirasakan dan terbukti. Manfaat dan kelebihan GRC bisa dilihat dari berbagai segi di antaranya; estetika, pilihan desain, tigkat kekuatan, cara pemeliharaan, dsb. Bagi arsitek dan insinyur, berbagai manfaat dan kelebihan GRC tersebut juga dianggap sebagai nilai tambah lengkap yang sangat sesuai dengan kebutuhan arsitektur karena daya tahan dan fleksibilitasnya. GRC dapat dikreasikan dengan cara dicor atau dicetak menjadi bentuk apapun, kreator bisa memberi warna dan membentuk teksturnya sesuai keinginan. GRC menawakan fleksibilitas tak berujung [dalam hal kreasi], sehingga bisa disesuaikan dengan komponen lain untuk memenuhi kebutuhan secara spesifik dari desain yang diinginkan. GRC juga bisa memberikan tampilan dan nuansa batu alam, beton pracetak arsitektur modern, bahkan nuansa kayu atau panel yang halus.

Beberapa manfaat dan keuntungan GRC di bidang arsitektur secara ringkas sebagai berikut:

ATRIBUT PENJELASAN
Estetika GRC bisa memberikan tampilan dengan nuansa seperti batu alam, beton pracetak arsitektur, terakota, kayu atau bentuk panel yang halus. Hal ini memungkinkan desainer lebih bebas dalam mengkreasikan bentuk, warna dan tekstur dari bahan.
Desain Dapat diaplikasikan ke hampir semua bentuk. GRC dapat didesain sebagai panel dinding, kolom, relief, kubah, kolom, hiasan perapian, cetakan, medali dan semua jenis bentuk GRC.
Ketahanan GRC bisa tahan terhadap erosi cuaca, termasuk cuaca yang sangat dingin. GRC lebih unggul dari beton konvensional. GRC lebih tahan terhadap karat daripada baja dan bahkan dapat digunakan di air garam dan lingkungan bawah laut.
Ramah lingkungan GRC memiliki dampak lingkungan yang jauh lebih rendah dari beton konvensional, batu atau bahan lainnya. Dibuat dengan mineral: semen, agregat, dan glassfibres. GRC dirancang untuk menjadi tahan lama dan ramah lingkungan.
Tahan api GRC terbuat dari mineral dan tidak akan mudah terbakar. Selain itu, sifat konkrit yang tahan panas walaupun panas yang tinggi, GRC bisa melindungi bahan belakangnya dari api dan panas yang bisa mencapai hingga suhu 140? C
Ringan GRC tipis namun kuat, beratnya 80% sampai 95% lebih rendah dari beton padat. Hal ini membuat lebih mudah dan lebih cepat untuk diinstal dan mengurangi beban pada struktur bangunan. Bobot yang lebih ringan dan bahan yang lebih kuat juga menghemat biaya transportasi, dan memungkinkan kebebasan desain yang lebih. Dengan menggunakan bahan yang terformulasi, mengurangi dampak pencemaran lingkungan dan energi yang terkandung dalam bangunan.
Kekuatan GRC kuat dan terbukti kemampuannya untuk menahan beban gempa dan angin badai. Untuk elemen arsitektur, kuat berarti sedikit kesempatan untuk kerusakan, lebih mudah untuk menginstal dan tahan lama.
Pemeliharaan GRC tidak membutuhkan perawatan khusus selama itu tidak terkena kondisi yang teramat ekstrim

 

MANFAAT LAIN GRC
Manfaat dan kelebihan GRC lainnya adalah menawarkan fleksibilitas tak tertandingi dengan kemampuan secara akurat mereproduksi setiap desain kecil atau besar, termasuk pola yang rumit, rincian halus, bentuk kompleks dan bahan kurva. GRC dapat terselesaikan dengan baik dalam pengerjaan tekstur berukuran lebar dengan ragam pilihan warna. Hal ini memberikan kemudahan kontrol desainer lebih maksimal atas permukaan detail dan kualitas akhir. GRC tersedia dalam warna cor integral dan tekstur: kapur, pracetak, atau diselesaikan dengan hampir semua cat.

Bagikan Artikel :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Galeri Foto di Pinterest

Galeri Foto Kami di Pinterest

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar Anda